Jenis – Jenis Virus Menurut Medianya

worm

1. Virus Script: Sesuai dengan namanya, virus ini hanya berupa teks biasa (Plain Text ) yang berisi kode pemrograman virus, biasanya berekstensikan *.vbs (visual basic script) atau *.js (java script). Contoh virus ini dapat anda lihat disini. Virus ini cukup mudah dikenali karena memiliki bentuk icon yang tidak lazim, atau kadang juga merupakan bagian dari suatu halaman web. Jika anda menggunakan firefox terbaru maka persoalan ini tidak masalah sebab firefox telah mendisable script yang masuk kecuali diijinkan oleh anda.
2. Virus Macro: Virus ini sebenarnya hampir sama dengan virus script hanya saja script virus ini tersimpan dalam dokumen Microsoft Office. Secara kasat mata kita tidak dapat membedakan antara dokumen yang terinfeksi dan yang tidak, tetapi jika anda menggunakan Microsoft Office 2000 keatas maka ketika membuka dokumen yang berisi Macro secara default akan ada warning untuk menjalankan macro atau tidak. Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat membaca artikel berikut, atau berikut.
3. File Program (Aplication): Ada berbagai macam kategori untuk virus yang berupa program file:
* Worm: Yang berarti cacing, disebut cacing mungkin karena bentuknya yang utuh berupa file executable. Biasanya menggunakan icon yang mirip dengan dokumen Office (Word, excel dll) atau folder untuk mengelabuhi user, sedangkan dokumen yang asli disembunyikan (hidden). Virus ini relatif mudah dikenali jika kita cukup jeli dengan melihat filenya melalui opsi details. Jenis worm ini yang sangat banyak beredar di Indonesia. Dikarenakan cukup mudah membuatnya dan relatif cepat penyebarannya.
* Trojan: Masih ingatkah anda dengan cerita Yunani tentang Kuda Troya? Kurang lebih prinsipnya hampir sama. Kalo penulis menyebutnya program tipu-tipu. Sebuah program seolah-olah berfungsi untuk suatu tujuan tetapi tidak bekerja seperti seharusnya, justru malah merusak system anda. Contohnya dulu ada sebuagh program yang sesumbarnya dapat memecahkan kode voucer gsm, program tersebut dapat menghasilkan sebuah rangkaian kode, tetapi syaratnya agar berhasil harus dijalankan pada 10 komputer. Bukan voucer yang didapat malah komputer kita yang bermasalah. Disini trojan tidak menular secara otomatis tetapi karena disebarkan oleh orang-orang yang tertipu. Bagi yang mau belajar hacker disarankan juga jangan menggunakan tool-tool buatan orang lain, karena bisa saja justru kita yang di hack, lebih baik anda mencari source code dari program tersebut.
* Spyware: Spy: berarti mata-mata dan Ware: berarti software. Bentuk spyware bisa berupa worm ataupun trojan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memata-matai komputer kita. Yang dicuri biasanya adalah informasi penting seperti User ID dan Password, atau apa saja terserah pembuat spyware tersebut.
* Adware: Singkatan dari Ads: iklan dan Software, jenis ini tidak berbahaya tetapi cukup menyebalkan karena akan memunculkan banner yang berisi iklan dan kadang kala juga mendownload iklan tanpa sepengetahuan kita. Adware bisa berupa worm, trojan atau bisa juga program betulan sebagai kompensasi karena dikasih program gratis.
4. Virus: Atau virus sejati, ini adalah yang sebenarnya dinamakan sebagai virus. Ia bukan sebuah program yang berdiri sendiri melainkan hanyalah sebuah bagian code yang menempel di program yang lain. Program yang terinfeksi virus tetap berjalan sebagaimana biasanya tetapi ia juga menjalankan perintah yang terdapat dalam virus. Jenis virus ini telah ada sejak zaman DOS sampai sekarang. Virus sejati jarang buatan lokal, sebab untuk membuatnya harus mengetahui bahasa assembler atau bahasa C, tetapi seringkali mudah terdeteksi oleh Anti Virus terkenal. Jika komputer anda telah terinfeksi virus ini maka kemungkinan besar anda harus menginstal ulang windows dan seluruh aplikasinya, sebab sangat sulit untuk memisahkan file yang terinfeksi dan virusnya. Karena virus ini menginfeksi program file maka, jangan sekali-kali anda menginstal master program di dalam harddisk sebab sudah dipastikan Master Program anda juga terinfeksi. Begitu pula ketika anda akan menginstal anti virus, anti virus segera terinfeksi dan menolak untuk meneruskan penginstalan. Untuk virus ini Mencegah masuk jauh lebih mudah daripada membersihkannya. Virus tidak menginfeksi dokumen dan data-data yang lain jadi anda tidak perlu khawatir kehilangan data.

DOWNLOAD ANTI-VIRUS DISINI :

Photobucket